Kenceng! Hasil Benchmark ASUS ROG Strix Scar 16 (2024)

Dalam dunia gaming dan pekerjaan kreatif yang memerlukan resource tinggi, performa laptop adalah kunci. ASUS ROG Strix Scar 16 (2024), yang dikenal dengan kemampuan gaming yang luar biasa, juga menawarkan performa yang mengesankan untuk berbagai aplikasi berat lainnya. Mari kita dalami lebih lanjut tentang bagaimana performa laptop ini dalam berbagai hasil benchmark.

Apa itu Benchmarking? 



Sebelum mengetahui hasil benchmark dari ASUS ROG Strix Scar 16 (2024), ada baiknya untuk mengetahui apa itu benchmark terlebih dahulu. Tentu ini untuk lebih mengetahui lebih dalam tentang hal ini. Sebab, banyak orang masih belum begitu paham dengan apa itu benchmarking.

Benchmark atau benchmarking komputer adalah proses evaluasi dan pengukuran kinerja suatu sistem komputer. Pengukuran ini termasuk komponen individu seperti prosesor, memori, dan sistem grafis. 

Proses benchmarking dilakukan melalui serangkaian tes yang dirancang untuk meniru berbagai skenario penggunaan atau menjalankan algoritma tertentu. Ini misalkan stress test dan lain sebagainya. 

Benchmark membantu menentukan kecepatan operasional dan efisiensi sistem. Hasil dari benchmark ini sangat berguna. Biasanya, hasil benchmarking digunakan untuk membandingkan kinerja dan performa sebuah perangkat sistem. Tentu ini akan membantu konsumen dan profesional IT dalam membuat keputusan pembelian atau upgrade.

Dalam konteks penggunaan sehari-hari, benchmark memberikan gambaran objektif mengenai kemampuan perangkat dalam menjalankan aplikasi berat, game, atau tugas-tugas yang membutuhkan banyak sumber daya. Ini penting terutama dalam industri teknologi yang cepat berubah, di mana kemampuan aktual sebuah komputer harus diukur dan dipahami dengan baik sebelum dilakukan peningkatan atau pembelian.

Hasil Benchmark ASUS ROG Strix Scar 16 (2024) 

Laptop ASUS ROG Strix Scar 16 (2024) telah melalui serangkaian tes benchmark untuk menilai kemampuan prosesornya dalam menghadapi tugas-tugas yang memerlukan banyak pemrosesan data. Dalam tes Geekbench 6, yang merupakan salah satu alat ukur performa prosesor yang paling diakui, laptop ini mencetak skor 2764 untuk single-core dan 17309 untuk multi-core. 

Selain itu, dalam tes Cinebench R23, yang secara khusus menguji kemampuan rendering grafis dan simulasi fisika yang sering digunakan dalam skenario pengeditan video dan 3D rendering, ROG Strix Scar 16 (2024) mendapatkan skor 2235 untuk single-core dan 31806 untuk multi-core. Skor ini menegaskan lagi bahwa laptop ini sangat mampu dalam menghandle tugas-tugas berat seperti rendering video atau simulasi kompleks yang sering ditemukan dalam software profesional seperti Adobe After Effects atau Autodesk 3ds Max.

Skor-skor ini bukan hanya angka semata, tetapi merefleksikan kemampuan nyata dari ASUS ROG Strix Scar 16 (2024) dalam berbagai penggunaan. Dengan prosesor Intel® Core™ i9-14900H yang memiliki 24 core (8 P-cores dan 16 E-cores), laptop ini dirancang untuk menyuguhkan performa yang tidak hanya cepat, tetapi juga efisien. Ini berarti bahwa baik untuk gaming berat, streaming video, ataupun menjalankan aplikasi engineering dan scientific yang kompleks, laptop ini mampu memberikan output yang konsisten dan cepat.

Keunggulan performa ROG Strix Scar 16 (2024) juga didukung oleh sistem pendinginan yang canggih, yang memungkinkan komponen-komponen kritis seperti CPU dan GPU bekerja pada suhu optimal bahkan saat menjalankan tugas-tugas yang membutuhkan banyak pemrosesan data. Sistem pendinginan yang efektif ini penting tidak hanya untuk menjaga kinerja tetap maksimal tetapi juga memperpanjang umur hardware.

Pengguna laptop ini juga akan merasakan manfaat dari kombinasi hardware kelas atas lainnya seperti memori DDR5 dan penyimpanan SSD PCIe 4.0 yang cepat, yang semakin meningkatkan kecepatan pemrosesan dan akses data. Memori DDR5 dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya memberikan bandwidth yang lebih luas untuk proses multitasking, sedangkan SSD PCIe 4.0 menawarkan kecepatan baca dan tulis data yang sangat cepat, mempercepat waktu loading aplikasi dan transfer data.

Kesimpulannya, ASUS ROG Strix Scar 16 (2024) tidak hanya sebuah laptop gaming tetapi juga sebuah mesin performa tinggi yang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan profesional. Hasil benchmark yang mengesankan ini membuktikan bahwa laptop gaming ini mampu menangani berbagai tugas berat, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi para profesional kreatif, pengembang software, dan tentu saja, gamer hardcore yang menginginkan yang terbaik dari teknologi laptop saat ini. Untuk itu, laptop gaming ini sangat direkomendasikan untuk penggunaan-penggunaan tesebut. 

1 komentar

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di wawantjara@gmail.com

Salam!