Tips Cerdas Liburan Pakai Utang

Berlibur dengan menggunakan pinjaman? Mengapa tidak? Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa liburan memiliki manfaat positif bagi kesehatan, terutama jika dilakukan bersama teman-teman. Oleh karena itu, tak heran jika ada orang yang bersedia meminjam uang secara cepat dari berbagai platform fintech yang mulai bermunculan.

Beberapa individu memilih untuk tidak berlibur tanpa adanya utang. Namun, perlu diingat bahwa mengandalkan utang untuk liburan dapat menimbulkan beban psikologis setelah kembali, yang pada akhirnya dapat memengaruhi kesejahteraan mental. Meskipun demikian, hal ini sebenarnya dapat dihindari dengan menerapkan beberapa strategi pintar dalam mengelola utang untuk liburan.

Hindari Menggunakan Utang untuk Seluruh Kebutuhan

Liburan pakai utang

Sebaiknya, jika ingin berlibur dengan menggunakan pinjaman, lebih baik tidak sepenuhnya mengandalkan utang. Penting untuk merencanakan dengan matang terkait biaya dan memahami dengan jelas di mana sebenarnya beban biaya paling besar.

Sebagai contoh, ketika Anda berencana untuk berlibur, pastikan Anda sudah memperhitungkan biaya transportasi, akomodasi, serta konsumsi. Namun, perlu diingat bahwa biaya tersebut belum termasuk tiket masuk ke tempat-tempat wisata dan pengeluaran untuk oleh-oleh.

Sebaiknya, Anda fokus menggunakan pinjaman untuk pos-pos biaya yang memang membutuhkan dukungan keuangan tambahan, seperti transportasi dan akomodasi. Banyak layanan saat ini menawarkan kemudahan pembayaran cicilan untuk tiket pesawat, misalnya, tanpa perlu menggunakan kartu kredit.

Jika pos biaya transportasi dan akomodasi sudah tercukupi, baru Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk meminjam uang dari lembaga keuangan online yang tepercaya, seperti Kredivo, untuk kebutuhan uang saku selama liburan. 

Sebagai saran, idealnya gunakan hanya sepertiga dari total pembiayaan liburan dari pinjaman atau uang. Sebagai contoh, jika Anda menghitung bahwa total dana yang dibutuhkan untuk liburan ke Yogyakarta adalah Rp3 juta, lebih aman jika Anda hanya meminjam Rp1 juta saja. Sisanya, Anda dapat menggunakan dari tabungan yang sudah Anda miliki. Dengan cara ini, Anda dapat menjaga keseimbangan keuangan dan menghindari utang yang terlalu besar.

Pahami Risiko Berutang

Banyak yang terjebak dengan utang pinjol maupun gestun karena tidak memahami risiko ketika berutang. Kerap kali mereka terjebak utang karena tidak mengindahkan beberapa kesalahan yang kerap kali dilakukan.     

Misalnya tidak dikalkulasikan dengan bunga yang harus dibayarkan. Apalagi jika ada biaya-biaya lain yang harus dibayarkan.     

Hal inilah yang menjadi dilema. Padahal beberapa fintech terkemuka sudah memberikan panduan serta penjelasan yang transparan tentang bunga, denda maupun biaya administrasi.   

Memang, tidak semua fintech melakukan hal tersebut. Maka, disinilah butuh kecerdasan dari debitur dalam memilih lembaga keuangan online yang benar-benar punya kredibilitas.    

Sederhananya, kalau mau liburan pakai utang cukup pilih fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Pelajari mekanisme dan cara pembayaran setelah mengajukan utang. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari beberapa fintech nakal yang memang belum berizin.   

Kredivo Berikan Kemudahan Beli Tiket Pesawat dengan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Untuk yang belum familiar dengan Kredivo, lembaga ini merupakan salah satu penyedia pinjaman online yang mempermudah proses mendapatkan dana instan. Kredivo tidak hanya memudahkan belanja online, tetapi juga membantu kebutuhan sehari-hari seperti membayar tagihan atau membeli pulsa dan token listrik secara online.

Proses pinjam online melalui Kredivo sangat cepat, hanya membutuhkan beberapa menit saja. Bunga yang dikenakan oleh Kredivo juga lebih rendah, yaitu sekitar 2,95% per bulan, yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan platform finansial lainnya. Dengan suku bunga ini, kamu dapat mengajukan pinjaman, berbelanja online, atau bahkan membeli tiket pesawat dengan cara dicicil tanpa perlu kartu kredit.

Kredivo menawarkan tenor pinjaman yang fleksibel, mulai dari 30 hari, 3 bulan, hingga 6 bulan. Ada dua jenis layanan pinjaman yang dapat dimanfaatkan, yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pinjaman mini memungkinkan kamu untuk meminjam tunai mulai dari Rp500 ribu hingga maksimal Rp1 juta dengan pembayaran dalam waktu 30 hari.

Sementara itu, pinjaman jumbo memberikan jumlah pinjaman yang lebih besar, dengan minimum Rp1 juta. Maksimal pinjaman disesuaikan dengan batas kredit yang diberikan. Kredivo dapat memberikan kredit limit hingga Rp30 juta, tetapi jumlah ini akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan peminjam. Jika riwayat pembayaran dan kondisi finansial memungkinkan, ada kemungkinan untuk mendapatkan kredit limit terbesar di antara platform finansial lainnya.

Syarat untuk daftar di Kredivo mudah saja kok

  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Proses pendaftarannya juga kurang dari 1 menit kok. Tinggal unduh saja aplikasinya di Google Play Store maupun App Store. Proses persetujuannya juga kurang dari 24 jam. Jadi cocok banget kalau kamu memang butuh dana yang cepat cair dari Kredivo untuk liburan sekalipun. Mudah, cepat, dan aman. 


Hadi

Halo, saya Hadi. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa tinggalkan jejak, agar saya dapat mengunjungimu balik.

Posting Komentar

Saya menghargai setiap komentar yang kamu berikan. Maka jangan pernah sungkan untuk meninggalkan komentarmu. Untuk kepentingan bisnis, silakan hubungi saya via email di wawantjara@gmail.com

Salam!

Lebih baru Lebih lama